Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman

15:33

Ilustrasi: soccer.com
Futsal sudah bukan lagi hal asing di telinga seluruh pecinta sepakbola di indonesia. Seluruh lapisan pasti suka yang namanya sepakbola, dan futsal menjadi salah satu olahraga alternatif terbaik yang bisa memenuhi passion dalam kehidupan sepakbola. Sekedar flashback, pada saat futsal baru masuk di Indonesia, penyebutan namanya masih simpang siur, namanya juga olahraga baru, ada yang menyebut dengan futsal, mini soccer atau ada juga yang menyebut dengan nama sepakbola indoor, padahal ya beda cabang nya. Momen masuknya futsal di dunia sepakbola Indonesia juga masih dalam tahap adaptasi, makanya pemilihan sepatu juga kadang masih seadanya, karena ketersediaan yang masih jarang, dulu ada yang make sepatu badminton lah, ada juga yang menggunakan sepatu running, hehe.. setelah semakin ramai, beberapa merek olahraga mulai meramaikan sepatu futsal yang juga makin berkembang dan banyak varian, di topic ini kita sharing masalah pemilihan sepatu futsal yang baik dan nyaman disesuaikan dengan budget masing masing.
Siapkan Popcorn kalian...

Budget
Keterbatasan budget jangan menjadi alasan untuk kamu memilih sepatu fake atau KW buat pemilihan sepatu futsal, karena selain masalah kenyamanan sepatu fake juga berpengaruh masalah durability, rugi loh kalo beli sepatu KW dengan harga beda tipis kalo enggak awet sama ajah nanti bakal ngeluarin duit lebih buat beli sepatu yang baru, pilih range harga sesuai budget kalo cuma ada budget sekitar 150rb - 250rb bisa mencoba dengan memilih sepatu lokal atau sepatu merek luar yang berada di kelas entry level, tapi saya lebih rekomendasi ke lokal karena biasanya dengan budget segitu sudah dapet kualitas yang cukup baik dibanding kelas entry level. kalo ada budget sekitar 300rb - 500rb budget segini sudah cukup variatif buat memilih kelas sepatu futsal di middle grade, bisa dapat yang kualitas yang baik, kalo budget >500rb ini sih udah bisa pilih segala macam sepatu topgrade, dan biasanya level pemain yang memilih sepatu dengan budget segini kalo ga pemain professional ya sudah addicted dengan comfort sepatu itu sendiri.
Mulailah dengan hal yang mudah kamu capai...


Memilih Bahan Upper
Upper atau yang biasa disebut bagian punggung atas sepatu merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan dalam bermain, dalam hal ini kebanyakan yang beredar biasanya diberi pilihan antara upper synthetic dan upper leather dan menyesuaikan budget juga pada kelas entry level sih biasanya sepatu tersebut mempunyai upper synthetic karena bahan yang lebih murah juga tentu nya, dalam hal kenyamanan sudah pasti upper leather lebih nyaman karena kontur nya yang menyesuaikan bentuk kaki tidak seperti upper synthetic yang berkontur agak kaku.


Kok keliatan nya sama ya? Kalo diliat dari jauh memang keliatan sama persis, cara membedakan nya dengan dipegang langsung, coba tekan bagian upper kalo mengerut berarti itu berbahan leather dan biasanya ditandai logo leather seperti contoh yang kanan. kalo kaku dan ga mengerut ya berarti itu berbahan Synthetic.
Pilih Spesifikasi sesuai Budget.

Wide-Fit vs Slim-Fit
Bentuk kaki juga turut berpengaruh dalam pemilihan sepatu karena disediakan bentuk sepatu yang berbeda beda pula setiap jenis nya, dan yang pertama analisa dulu kaki kamu berbentuk Wide atau Slim, karena setiap tipe dan merek mempunyai karakter yang berbeda pula. Cara termudah biasanya dengan mencoba langsung sepatu yang di inginkan karena kaki wide sudah pasti sesak jika memakai tipe yang slim.

Contoh tipe sepatu Wide-fit : Adidas Predator, Adidas Adiseries, Nike Total90, Nike Gato Series, etc Contoh tipe sepatu Slim-fit : Adidas Fseries, Nike Mercurial, Nike Elastico, etc



Tipe Indoor atau Turf
Indoor atau Turf? Ini sih.. cuma masalah fungsi aja penggunaan Indoor lebih flexible ke semua court futsal dari taraflex, vynil bahkan lapangan semen pun pas untuk tipe Indoor di beberapa juga sering bermain di lapangan turf atau biasa disebut Sintetis tetap memakain Tipe Indoor karena faktor kebiasaan, dan Tipe Turf biasanya dipakai khusus di lapangan Turf, beda nya daya cengkram lebih baik jika menggunakan tipe turf di lapangan yang juga tipe turf.


Oke.. Kayanya udah cukup nih Sharing Informasi tentang Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman versi gue, kalo ada yang kurang lengkap atau gimana boleh ditambahin info nya :D See Ya !! Sampai ketemu di Tips berikutnya..

Visit my :
Blog :www.kevinalegion.com
Twitter : @kevinalegion
Kaskus : kevinalegion
Facebook : Kevin Anandhika Legionardo
Kompasiana: www.kompasiana.com/kevinalegion
E-mail: kevinalegion@gmail.com

You Might Also Like

14 comments

  1. Trima kasih gan, saya jadi gk bingung milih nya :)

    jangan sampai ketinggalan untuk tau jadwal piala dunia july-juni 2014
    http://idsportone.blogspot.com/2014/05/jadwal-lengkap-piala-dunia-juni-juli.html

    ReplyDelete
  2. mantap tipsnya gan :)
    numpang iklan gan,, buat temen-temen yang lagi cari perlengkapan olahraga, kunjungi aja web kami di "www.walakirisport.com",,
    dijamin nggak nyesel karena lengkap, harga terjangkau, dan kualitas barang terjamin gan,,

    "walakiri sport" teman berolahraga anda

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Pak, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi tentang Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman, ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru. mungkin anda juga membutuhkan infomasi dari saya ANEKA RESEP MAKANAN BAYI

    ReplyDelete
  4. kebetulan banget nih ane lagi nyari sepatu futsal.. terima kasih ya atas informasinya

    http://obatalamimataglaukoma.wordpress.com/ || http://wp.me/5fHrk

    ReplyDelete
  5. Saya prefer ke Nike Tiempo, enak buat controll & dribble, thanks infonya gan

    nikeoriginalmurah.com

    ReplyDelete
  6. Kalau saya lebih suka sepatu futsal seri Nike T3/T5/T7. Main futsalnya lebih suka menggiring dan cips bola mas hehehe. Tapi ya belum bagus main saya. Apalagi seri Nike yang tadi pilihan warnanya menarik. Makasi tipsnya mas

    ReplyDelete
  7. Nice post Gan
    Permisi,mau numpang lapak,jangan lupa mampir ya
    http://jokaerabehin.com/
    https://www.tokopedia.com/jokaerabehin
    https://www.bukalapak.com/jokaerabehin

    ReplyDelete
  8. thanks gan tipsnya, ane jadi tau sedikit nih berkat tulisan ente... kebetulan ane lagi cari sepatu futsal

    desainbajufutsal.com

    ReplyDelete
  9. Kalau Buat Lapangan Semen jenis sepatunya apaan ya gan ??

    tolong balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lapangan semen, saya rekomendasi sepatu yang memiliki durability cukup badak. Minimal varian specs atau adidas F10 oke.

      Delete
  10. Makasih buat infonya....jangan lupa juga ya kunjungi dc shoes indonesia

    ReplyDelete
  11. makasih buat infonya. jangan lupa kunjungi : jenis-jenissepatufutsal.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Terima kasih buat tipsnya gan, sudah lama saya main futsal tanpa sepatu.. Waktu saya mau beli sepatu selalu bingung mau pilih yang mana. Maklum budget terbatas, jadi takut kalo salah beli. Tapi sekarang saya jadi tahu sepatu mana yang cocok buat saya. Kalo bole tau merk yang agan paling rekomen apa?

    ReplyDelete