Basic Training bagi Pemula

14:00


Basic Training Futsal
Di seling kehidupan yang dikelilingi padat nya aktivitas dari kerja, kuliah, sekolah pasti selalu menemui titik jenuh dalam beraktivitas, dan biasanya pasti membutuhkan refreshing dengan waktu tersisa yang hanya sedikit.
dan ga bisa dipungkiri marak nya ber-olahraga dengan main futsal bisa jadi kebutuhan tersier bagi seluruh elemen masyarakat.
dan setelah bermain futsal ini menjadi rutin, dan biasanya timbul persaingan di lapangan dan gengsi mau menunjukan yang terbaik, betul ga :D
Nah, kadang dengan padatnya aktivitas ya jadi terbatas juga mau meningkatkan skill kita dalam bermain futsal. kadang kan sering diledekin "lari dong" "ayo dong masa ga bisa gol in"
ya kan. tapi apa daya jarang latihan fisik pun jadi apa adanya.. hehe,, teknik sekenanya yang penting kena bola nya. :p biar ga malu-malu in lagi cek sharing berikut.


di Topic ini kita Sharing Berlatih dasar Futsal yang baik dan Efektif disesuaikan dengan waktu yang terbatas.
Siapkan Snack kalian..

---------------------------------------------------------------- 

Latihan Fisik
Latihan fisik merupakan hal terpenting dalam bermain futsal, mau se jago skill atau sekeras apa  shooting nya , tapi kalo fisik cuma kuat sebentar doang sama aja boong. hehe
Coba dimulai dengan yang mudah terlebih dahulu, seperti jogging selama 5 menit konsisten tanpa istirahat.
tapi kan ga ada waktu nya?
nah karena buat basic, pilih waku jogging ketika pas lagi main futsal, ga perlu buru-buru buat main, persilahkan ajah temen kamu main duluan dan kamu bisa melatih fisik dengan jogging di pinggir lapangan selama 5 menit sambil menunggu giliran untuk main. bisa kan :D
lakukan setiap jeda main, jadi ketika tidak bermain jogging secara simultan, kalo belom kuat lama lakukan sebentar saja mungkin 2-3 menit. segala sesuatu itu tidak ada yang instan jadi lakukan ketika pas kalian ada waktu bermain futsal saja. lakukan secara simultan, lama kelamaan kan jadi bisa menambah porsi waktu, dan ketika sudah mampu jogging selama 15 menit. logika nya kamu sudah bisa bertahan selama pertandingan berlangsung. jika masih kuat ya ditambah lagi porsi nya.
Mulailah dengan hal yang Mudah..





Latihan Teknik Dasar
Teknik Passing 
Sebelum memberikan kontribusi yang besar buat tim, berikanlah teknik passing mu yang baik, teman satu tim pasti senang jika kalian mampu memberikan minimal passing yang baik,
cara nya dengan passing menggunakan bagian dalam kaki dan kaki tumpuan menuju arah mana yang akan kamu passing.
 
Jadi kaki tumpuan yang menentukan arah passing yang baik, dan bagian dalam untuk menyepak bola, dan perlu diingat kaki tumpuan harus berdiri kokoh kuat, tidak berbelok.

Teknik Menerima Bola
Setelah paham dan passing dirasa cukup baik, selanjutnya cara menerima bola dengan baik, dalam futsal agak sedikit beda perlakuan dalam menerima bola dibandinkan dengan sepakbola, dalam sepakbola biasanya menerima bola dengan bagian dalam kaki, dalamfutsal menerima yang baik agar bola tidak liar control nya menggunakan bagian tapak kaki.
Dalam posisi ini control bola lebih mudah karena berada tepat dibawah kaki, jadi bisa dalam situasi ini, mau dipassing ke depan atau samping lebih mudah.

Lakukan latihan ini dengan temanmu dengan cara passing jauh dari sisi lapangan satu dengan sisi lain nya. secara berkala juga hingga terasa nyaman dengan posisi passing kalian.


Teknik Shooting
shooting salah satu hal paling penting,kalo ga shooting ya gol gol dong :p
bagaimana cara shooting yang baik, shooting dalam futsal bisa bervariasi, bisa menggunakan punggung kaki, bagian depan kaki atau toe punt, dan bagian dalam kaki. biasanya masing masing player punya kenyamanan tersendiri dalam shooting. teknik dasar utama tetap kaki tumpuan sebagain arah dimana bola akan di shoot, dan posisi kuda-kuda harus kuat.
gimana supaya posisi kuda-kuda kuat?
nah dari jogging tadi lah yang melatih supaya kaki kuat dan tidak goyang dan nafas habis yang menyebabkan tumpuan goyang.

You Might Also Like

0 comments