Beli Tiket Kereta Api Jakarta-Bandung via Online

10:48

Ilustrasi | Foto: skyscrappercity - anw@r


Hooolllaaa gaes...

Menjelang mau liburan minggu depan nih, rencananya sabtu depan pacar maksa mau jalan-jalan ke kotanya bapake Ridwan Kamil alias Bandung, kota yang isinya anak-anak gahul dan kreatif. Demi mendukung program pak RK yang ingin membasmi kemacetan di Bandung, rencananya saya akan naik kereta menuju Bandung dari Jakarta. Hahaha sepik, padahal karena memang belum punya mobil, kalo naik motor pantat pegel. Jadi mendukung program secara terpaksa, Hahaha...

Tapi sekali-kali ya coba lah, selama ini menggunakan kereta ya cuma CommuterLine, kalo pergi keluar kota biasanya nebeng mobil atau kalo yang lokasinya jauh biasanya naik pesawat. Hahaha, jadi ini pengalaman pertama kali di usia dewasa naik kereta antar kota. Tulisan ini hanya suplemen saja, cerita lengkapnya tentu akan dijabarkan secara lengkap di www.kompasiana.com/kevinalegion.

Jadi buat temen-temen yang mau coba juga ke Bandung naik kereta. Ini tips untuk membeli kereta secara online hingga mendapatkan tiketnya langsung.

Cekidot...

Pertama, Reservasi.

Yang pertama harus dilakukan adalah memilih jadwal keberangkatan kereta di website kereta api, silakan dibuka di (www.kereta-api.co.id). Lalu klik reservasi, di menu bagian kanan, kalian dapat menentukan tiket dari tanggal, stasiun asal, stasiun tujuan, dan berapa tiket yang kamu bisa pesan dalam sekali order (maksimal 4 dewasa dan 4 infant). Jika dalam perjalanan kali ini menuju Bandung saya memilih stasiun asal (Gambir) dan stasiun tujuan (Bandung). Setelah yakin sudah benar klik tampilkan.


Setelah klik tampilkan akan muncul, jadwal dari kereta pertama hingga kereta terakhir, ingat reservasi hanya bisa dilakukan 2 hari sebelum hari keberangkatan. Pilih jadwal dan kereta yang diinginkan lalu klik (Booking). Lalu akan muncul info reservasi tiket yang berisikan informasi jadwal keberangkatan hingga datang. ceklis ketentuan dibawah lalu klik lanjutkan. Selanjutnya kamu akan diminta data penumpang yang diantaranya: Nama Penumpang dan No. ID, Data pemesan (nama lengkap, e-mail, no. telepon. alamat pemesan) pastikan email kamu aktif, karena data order akan masuk melalui e-mail. Setelah data terisi dengan lengkap klik selanjutnya akan muncul informasi lengkap mengenai tiket yang kamu pesan, kamu juga dapat merubah posisi tempat duduk dengan klik pindah di info penumpang yang kalian pesan. Pastikan kursi yang akan dipindah masih kosong, tanda penuh jika slot berwarna merah dan tidak dapat kalian isi.


Setelah yakin sudah pas, lalu pilih pembayaran. Karena saya menggunakan ATM BCA saya pilih klik ATM. Lalu klik selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi berisikan data dan informasi lengkap seluruh order kamu di reservasi online. Jika kurang yakin kami bisa klik print bukti pemesanan untuk dibawa saat membayar. Karena saya sudah mencantumkan email yang aktif data pemesanan juga sudah masuk di email. Jadi yang kita perlukan hanyalah No. Booking yang akan digunakan untuk membayar di ATM. Ingat proses reservasi tidak boleh lebih dari 10 menit.

***

Bayar melalui ATM BCA.

Sebelum berangkat ke ATM, pastikan saldo kamu tersedia di kartu ATM kamu, yaaaiyaaalah... Hahaha... Yang kamu perlukan adalah (no. booking) tiket yang sudah masuk di email atapun yang sudah kamu cetak. Dari proses reservasi hingga pembayaran kamu hanya diberi waktu selama dua jam untuk melakukan pembayaran, jika tidak proses reservasi akan di refresh ulang. Jadi setelah berada di ATM BCA, kalian memilih menu (Pembayaran - Lain-lain) dan masukan kode perusahaan KAI (711-711), setelah itu akan muncul menu yang meminta (no.booking) ingat jangan sampai salah input, selanjutnya akan ditampilkan informasi apakah data tersebut sudah benar, lalu klik ya. Dan tiket sudah resmi terbayarkan. Simpan struk kalian untuk berjaga-jaga, walaupun sudah dibayar kamu tetap harus mengambil tiket di stasiun keberangkatan, ingat tiket hanya bisa ditukar satu jam sebelum waktu keberangkatan, agar berjaga-jaga ketika hari H kamu telat, sebaiknya tiket ditukarkan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Karena dalam perjalanan saya berangkat dari Gambir, jadi saya sudah menukar tiket untuk keberangkatan sekaligus tiket untuk pulang kembali ke Jakarta.

***


Ambil Tiket di Stasiun Gambir

Dan ini yang paling praktis, jika di stasiun gambir kalian tidak perlu lagi mengantri di depan loket karena di stasiun ini sudah tersedia empat mesin CTM atau cetak tiket mandiri, yang harus kalian lakukan hanya input no. pemesanan yang sudah tertera di struk pembayaran. lalu klik print, dan tiket sudah ada di tangan. Dan siap jalan-jalan...
Nantikan cerita perjalanannya di www.kompasiana.com/kevinalegion










You Might Also Like

1 comments

  1. Galeri Antik Indonesia, klasik menarik apik dan cantik juga asyik menggelitik. Cocok untuk design interior bernuansa lama, kuno tetapi lux eksklusif serta terkesan mewah dan glamour bangsawan tua yg trendy. Bagai Old Master (Seniman Senior) Pujangga sastra yang kaya tetapi hidup sederhana. Alamat galeri utama jalan padi raya 1A Semarang dan karya galeri kedua jalan pemuda 52 Jepara, Central Java. http://www.old-amsterdam-antiques.co.id

    ReplyDelete